WOODEN HOUSE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTRODUKSI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 LABUHANHAJI Sulastri, S.Pd SMP Negeri 1 Labuhanhaji Provinsi Aceh

WOODEN HOUSE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTRODUKSI BANGUN RUANG DENGAN  PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA  KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 LABUHANHAJI  Sulastri, S.Pd SMP Negeri 1 Labuhanhaji Provinsi Aceh

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar dengan menggunakan media wooden house dan pendekatan saintifik, selain itu penggunaan media wooden house dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika peserta didik yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar dan adanya aspek kerjasama dan kreativitas yang baik. Penelitian dilaksanakan bulan April 2018 di SMP Negeri 1 Labuhanhaji tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Pelaksanaan tindakan penelitian metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kelompok, yaitu metode penemuan terbimbing dan pembelajaran berbasis masalah, dimana subjek penelitian dikelompokan secara heterogen. Hasil penelitian mengungkapkan pembelajaran menggunakan media wooden house untuk mengintroduksi bangun ruang dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep, dan aktivitas belajar matematika peserta didik secara angka dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar melalui pemahaman konsep, mulai dari 2,6% ke 38,5% lalu meningkat ke 87,2%, dengan target awal yaitu 75%.  Hasil pengamatan didapat aspek kerjasama nilai baik 51,3% dan sangat baik 48,7% dan aspek kreativitas  nilai baik 12,8% dan sangat baik 87,2%.

Kata Kunci: Wooden House dan Pendekatan Saintifik

Ada banyak persoalan yang dihadapi pendidik pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai solusi atau cara penyelesaian masalah juga sudah banyak dibahas dalam berbagai telaah penelitian akademik, baik dalam laporan penelitian berbentuk artikel atau pada jenjang skripsi, tesis, bahkan disertasi. Akan tetapi pendidik tidak banyak memahaminya, apalagi mengaplikasikannya dalam pembelajaran sehari-hari, terutama karena berbagai kendala. Misalnya pendidik tidak terlalu memahami teori-teori yang dijadikan landasan atau alat analisis penelitian tersebut. Apa yang mereka butuhkan adalah penelitian pendidikan yang membatasi kegunaannya kepada kebutuhan sehari-hari, agar dapat dimanfaatkan pendidik yang ingin memperbaiki kinerjanya.

... 

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait