UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELAS VII 1 SMPN 1 SIMPANG ALAHAN MATI Iswanto,S.Pd Pemerintah Kabupaten Pasaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMP

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELAS VII 1 SMPN 1 SIMPANG ALAHAN MATI  Iswanto,S.Pd Pemerintah Kabupaten Pasaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data atau informasi dan membahas tentang peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran bermain. Jenis penetian adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas VIII 1 SMPN 1 Simpang Alahan Mati dengan jumlah siswa 26 orang pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menemukan peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi yang dilakukan setelah siklus I dan II dengan tindakan pemutaran video pembelajaran. Diketahui bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII 1 SMPN 1 Simpang Alahan Mati dalam pembelajaran penjasorkes.  Pada siklus I persentase rata-rata siswa yang tuntas hanya sebesar 42% kemudian setelah dilaksanakan siklus II dengan tetap menggunakan model pembelajaran out door games meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dari apa yang telah peneliti uraikan di atas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus II sehingga penelitian tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus III.

Kata Kunci: Bermain dan Motivasi Belajar Siswa

 

 

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan motivasi jasmani dan olah raga.

...

 

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait