PENINGKATAN KEMAMPUAN REDUPLIKASI DALAM TEKS EDITORIAL DENGAN METODE TUGAS INDIVIDU PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 LABUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Asri, S.Pd SMPN 3 Labuan Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah

PENINGKATAN KEMAMPUAN REDUPLIKASI DALAM TEKS EDITORIAL DENGAN METODE TUGAS INDIVIDU PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 LABUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018  Asri, S.Pd SMPN 3 Labuan Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang upaya peningkatan kemampuan reduplikasi dalam teks editorial dengan metode tugas individu. Hasil penelitian pada siklus yang pertama belum mencapai peningkatan kemampuan siswa dalam penggunaan reduplikasi dalam teks editorial. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata skor yang diperoleh siswa untuk soal pilihan ganda (PG) hanya sebesar 6.05 dan untuk soal esai (mengarang) hasil rata-rata skor yang diperoleh hanya mencapai 6.03, dengan rata-rata skor keseluruhan hanya mencapai 6.04 indikator pencapaian hasil (IPH) tidak tercapai karena belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan (70), selain itu hal ini disebabkan pula oleh kurangnya keterampilan dan kemahiran siswa dalam menjawab tugas yang diberikan secara individu. Tetapi setelah dilaksanakan siklus yang kedua tingkat kemampuan siswa mengalami peningkatan dalam penggunaan reduplikasi dalam teks editorial. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing siswa pada siklus yang kedua mengalami peningkatan hingga sebesar 79 untuk soal pilihan ganda (PG) dan untuk soal esai (mengarang) mencapai 7.43 dengan rata-rata skor keseluruhan mencapai 7.66 indikator pencapaian hasil belajar siswa pada siklus 2 telah tercapai melebihi batas KKM (70) yang ditetapkan.

Kata Kunci: Kemampuan Reduplikasi, Teks Editorial, dan Metode Tugas Individu

 

 

Metodologi mengajar perlu dikuasai oleh pendidik karena keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) bergantung pada cara mengajar gurunya. Jika cara mengajar gurunya baik menurut siswa, maka siswa akan tekun, rajin, antusias menerima pelajaran yang diberikan, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan tingkah laku baik tutur katanya, sikap/tingkah lakunya, dan gaya hidupnya.

...

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait