PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SULAWESI TENGAH Kartini, S.Pd Kandidat Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Provinsi Sulawesi Tengah

PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SULAWESI TENGAH  Kartini, S.Pd Kandidat Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Provinsi Sulawesi Tengah

ABSTRAK

Kinerja dalam sebuah instansi pemerintah sangat diharapkan mampu memberikan pelayanan yang mengutamakan kepuasan publik. Acuan kinerja yang perlu diterapkan adalah efisien, sistem dan prosedur yang jelas, serta bebas biaya tambahan. Dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya dalam suatu instansi, tentunya sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain motivasi kerja dan perilaku kerja dari masing-masing pegawai dalam bidang masing-masing. Dalam konteks pekerjaan, motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong seorang pegawai untuk bekerja. Sehubungan dengan aktivitas dalam suatu organisasi, Gibson et.Al (dalam Ngusmanto, 2017; 20) mengemukakan bahwa perilaku kerja adalah semua hal yang dilakukan seseorang dalam lingkungan pekerjaan.

Kata Kunci : Kinerja, Motivasi, Perilaku Kerja

 

 

Suatu organisasi  jika ingin maju atau berkembang maka dituntut untuk memiliki pegawai yang berkualitas. Pegawai yang berkualitas adalah pegawai yang kinerjanya dapat memenuhi target atau sasaran yang ditetapkan oleh institusi. Untuk memperoleh pegawai yang memiliki kinerja baik maka diperlukan penerapan kinerja. hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam suatu organisasi mampu  melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

 

Kinerja dalam sebuah instansi pemerintah sangat diharapkan mampu memberikan pelayanan yang mengutamakan kepuasan publik. Dalam menjalankan tugasnya, harus menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi, kelompok dan organisasinya.

...

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait