MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS SEMESTER JULI-DESEMBER 2018 DI KELAS VIII.3UPT SMP N 1 RAO KABUPATEN PASAMAN Sumarni SMP N 1 Rao Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS SEMESTER JULI-DESEMBER 2018  DI KELAS VIII.3UPT SMP N 1 RAO KABUPATEN PASAMAN  Sumarni SMP N 1 Rao Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran  Group  Investigation  pada mata  pelajaran  IPS  semester Juli - Desember 2018  di kelas VIII.3 UPT SMP N 1 Rao Kabupaten Pasaman.  Hasil penelitian meliputi: Aktivitas belajar IPS siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation bahwa pada aktivitas kesiapan menerima pelajaran pada siklus  1 yaitu pada siklus pertama terdapat rata-rata 53,2% dan pada siklus kedua rata-rata 73.5%. Dapat kita lihat terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 20,3%. Indikator siswa yang memperhatikan media gambar pada siklus pertama rata-rata sebanyak 53,2% dan siklus kedua rata-rata sebanyak 60,5%. Terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 7,3%. Indikator siswa yang menyimak penjelasan guru pada siklus pertama rata-rata 56,8% dan siklus kedua rata-rata sebanyak 78,5%. Terjadi penigkatan yang signifikan yaitu 21,7%.Indikator siswa yang mengerjakan tugas secara serius pada siklus pertama rata-rata sebanyak 51,5% dan siklus kedua rata-rata sebanyak 70 %. Terjadi kenaikan sebesar 18,5%.  Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I sebesar 53,2% dan pada siklus II menjadi 70,5%. Terjadi peningkatan sebesar 17,3%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigasi dan Minat Belajar.

 

Minat belajar pada pembelajaranIPS ternyata masih belum optimal. Siswa masih menganggap pelajaran IPS membosankan dan merepotkan. Walaupun dilakukan usaha,namun minat belajar siswa di UPT SMP N 1 Rao masih rendah.. Hal ini ditandai dengan masih rendahnya perhatian, kepedulian, dan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran IPS dalam kelas. Dalam pembelajaran IPS siswa kelas VIII.3 masih ada sekitar 42,5% yang masih tidak perhatian dan peduli.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait