KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII.1 UPT SMPN 1 SIMPANG ALAHAN MATI KABUPATEN PASAMAN SUMBAR Jumaini, S.Pd UPT SMP N 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII.1 UPT SMPN 1 SIMPANG ALAHAN MATI KABUPATEN PASAMAN SUMBAR  Jumaini, S.Pd UPT SMP N 1 Simpang Alahan Mati Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat

ect Based Learning and Ability to Solve Problems

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian antara  lain sebagai berikut untuk  mengetahui   kemampuan   pemecahan   masalah   peserta   didik   yang mengikuti  pembelajaran   dengan   model  PBL  mampu  mencapai  ketuntasan klasikal,  yakni sekurang-kurangnya  75%  dari peserta didik  nilainya mencapai KKM. Untuk  mengetahui  peserta  didik  yang  mengikuti pembelajaran  dengan  model PBL memiliki   kemampuan  pemecahan   masalah   lebih   baik  dibandingkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori. Untuk    mengetahui   aktivitas   peserta   didik   yang   mengikuti   pembelajaran dengan   model  PBL  berpengaruh  positif  terhadap  kemampuan  pemecahan masalah. Adanya peningkatan terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan tabel dan grafik dari sebelum tindakan hingga tindakan siklus II sudah  mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan nilai peserta didik yang ≥75 adalah 41.1% sedangkan pada akhir siklus II adalah 82.7%, artinya sudah lebih dari 80% peserta didik yang nilainya di atas batas ketuntasan minimal. Jadi pelaksanaan pembelajaran dengan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik.

Kata Kunci: Project Based Learning dan Kemampuan Memecahkan Masalah

 

Menghadapi pengaruh kemajuan teknologi, setiap bangsa perlu mempersiapkan diri di segala bidang khususnya bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia sebagai ujung tombak kemajuan teknologi ditentukan oleh kualitas pendidikan di negara tersebut. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas pendidikan dalam berbagai bidang diantaranya matematika. Peningkatan kualitas pendidikan matematika selalu ditempatkan sebagai subjek penting di dalam sistem pendidikan di setiap negara.  

 

Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang sekolah, baik tingkat pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Selain itu, untuk menganalisa dan menyederhanakan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari maupun teknologi, serta untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan tidak dapat terlepas dari peran matematika sehingga diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

...

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait